Optimis Penjualan Tumbuh 10 Persen, Langgeng Makmur Lakukan Berbagai Langkah Strategis

Surabaya, BisnisJatim.Id – PT Langgeng Makmur Industri Tbk (LMPI) opitmis tahun ini penjualannya akan tumbuh 10-15 persen. Selain memperkuat pasar peralatan rumah tangga, juga memperbesar inovasi produk pipa PVC karena proyek infrastruktur semakin marak.

Menurut Kosasih, Direktur PT Langgeng Makmur Industri Tbk, tahun ini kondisi ekonomi semakin membaik. Hal ini akan berimbas pada meningkatnya kebutuhan produk peralatan rumah tangga dan pipa PVC.

“Karena itu, kami akan terus melakukan langkah strategis seperti intensif berkomunikasi dengan pelanggan untuk mengetahui selera konsumen dan terus meningkatkan kualitas mutu produk. Kami berharap bisa memperkuat branding beragam produk yang kami hasilkan,” kata Kosasih saat public expose di kantornya, Jumat (23/6) .

OPTIMIS TUMBUH : Kosasih (kiri) menjelaskan rencana pengembangan pasar dan produk inovatif untuk menggenjot penjualan tahun 2023.

Selain itu, pihaknya juga terus melakukan inovasi produk pipa dan fitting. Hal ini karena banyak proyek infrastruktur dari pemerintah dan swasta yang mulai dikerjakan sehingga demand pipa dan fitting juga ikut bertumbuh.

Bahkan pengembangan pasar juga terus dilakukan untuk menjaring pelanggan baru terutama dari sektor industri. Sebab potensinya cukup besar seiring dengan makin berkembangnya industry di Indonesia.

“Kami juga terus melakukan inovasi produk yang memiliki nilai tambah,” ujarnya.

Dengan strategi yang terus dikembangkan, LMPI berhasil meningkatkan kinerjanya. Terbukti tahun 2022, penjualannya mencapai Rp 575 miliar, naik Rp 6 miliar atau 1,94 persen dibandingkan dengan penjualan tahun 2021 sebesar Rp 569 miliar.

Peningkatan ini karena divisi peralatan rumah tangga plastik penjualannya naik 16 pesen sebesar Rp 123 milia.  Untuk divisi peralatan dapur dari aluminium membukukan penjualan Rp 287 miliar, naik Rp 4 miliar dari tahun 2021. Untuk divisi pipa, fitting dan profil mengalami penurunan 9 persen yaitu dari Rp 172 miliar di tahun 2021 menjadi sebesar Rp 157 miliar di tahun 2022.

“Penjualan domestik naik 1 persen dari Rp 565 miliar pada 2021 menjadi Rp 571 miliar pada 2022. Sedangkan pasar ekspor tahun 2022 juga naik 12 persen dari Rp 4 miliar menjadi Rp 4.4 miliar. Tujuan ekspor kami Negara di kawasan Asia, Timur Tengah, Afrika serta kawasan Eropa,” kata Kosasih.

Soal optimisme tahun 2023, dia yakin akan mampu menggenjot penjualannya. Hingga kuartal pertama tahun 2023 LMPI berhasil membukan penjualan Rp 129 miliar. Dari divisi peralatan dapur dari aluminium serta divisi peralatan rumah tangga plastik berkontrbusi  Rp 73 miliar dan Rp 29 miliar atau setara 79 pesen dari total penjualan.

“Dengan trend pasar yang bagus, kami yakin tahun ini ada growth 10-15 persen,” pungkas Kosasih. BJ3