Blibli.com Jadikan Big Bang Surabaya Ajang Edukasi Konsumen


Yolanda Nainggolan, Head of Public Relations Blibli.com dan Raditya Iswono, Field Coodinator of Blibli Instore saat memperkenalkan Bibli Instore yang akan meramaikan Big Bang Surabaya 2019 di Hotel Majapahit Surabaya, Selasa (7/5).

SURABAYA-Mal online Blibli.com turut memeriahkan pameran Big Bang Surabaya 2019 yang akan berlangsung mulai tanggal 30 Mei hingga 9 Juni 2019 di Grand City Surabaya.

Yolanda Nainggolan, Head of Public Relations Blibli.com mengungkapkan Blibli.com tidak mengejar target jumlah transaksi yang akan dicapai melainkan akan memanfaatkan pameran tersebut untuk lebih mendekatkan diri kepada konsumen serta menjadikannya sebagai sarana mengedukasi konsumen karena selama ini masih ada kekhawatiran untuk berbelanja secara online. “Kita bisa lebih langsung berinteraksi dengan konsunen dan itu lebih utaman, karena kami masih melihat ada chalange, ada kekhawatiran ketika belanja online. Nah, kami ingin bagaimana orang terbiasa belanjan online dengan kebutuhan sehari-hari mereka,” kata Yolanda usai jumpa pers Big Bang Surabaya 2019 di Hotel Majapahit Surabaya, Selasa (7/5).

Yolanda menjelaskan pada pameran itu, Blibli.com akan menghadirkan berbagai produk dari kategori fashion pria dan wanita, olahraga, serta otomotif di booth Blibli.com dengan harga diskon hingga 90 persen. Selain itu, Blibli.com juga akan menghadirkan Bli-Box, yaitu display berisi QR Code yang pelanggan bisa scan agar dapat dengan mudah berbelanja online. Bli-box akan menghadirkan groceries, atau produk sehari-hari, dan otomotif.  Menjelang Lebaran, Blibli.com juga menawarkan berbagai produk sehari-hari termasuk makanan, minuman, perawatan kulit tubuh dan perawatan rumah tangga yang semuanya bisa didapatkan melalui Bli-Box.

Blibli.com juga bekerja sama dengan tenant-tenant lainnya yang hadir di Big Bang Surabaya 2019 lewat Blibli InStore, yaitu point of sales (POS) milik Blibi.com. Pelanggan bisa melakukan pemesanan produk milik tenant-tenant tertentu melalui Blibli InStore untuk memanfaatkan promosi khusus yang disediakan bagi pemesanan lewat online. Blibli InStore merupakan bagian dari inisiatif online to offline (O2O) di mana Blibli.com menggabungkan pengalaman belanja online dan offline.

“Bagi mereka yang ingin berbelanja lagi, Blibli.com telah meluncurkan Rezeki Ramadhan, program promosi yang menawarkan berbagai diskon menarik di enam belas kategori yang ada di mal online kami,” tutur Yolanda.

Yolanda Nainggolan, Head of Public Relations Blibli.com (empat dari kiri) bersama pendukung pameran Big Bang Surabaya 2019 usai jumpa pers di Hotel Majapahit Surabaya, Selasa (7/5).

Yolanda menyebutkan Blibli.com pada kuartal pertama 2019 ini mencatat peningkatan pada total pemesanan produk sebanyak 2,5 kali jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya (yoy). Kenaikan ini tidak terlepas dari perluasan jumlah produk sebanyak 3 kali serta penambahan merchant, atau penjual, hingga 2 kali di periode tersebut.

Blibli.com juga mengkurasi produk-produk UMKM yang berada di bawah kategori Galeri Indonesia. Pertumbuhan jumlah produk UMKM sebanyak 6 kali dan jumlah merchant UMKM sebesar 2 kali selama kuartal pertama 2019 jika dibandingkan dengan periode sama di tahun sebelumnya. Blibli.com juga telah menjalin berbagai kemitraan strategis selama kuartal pertama. Pada bulan April 2019, Blibli.com bermitra dengan GO-PAY untuk memungkinkan pelanggan membayar menggunakan layanan pembayaran elektronik tersebut.

Blibli.com juga memperluas kemitraan online to offline (O2O), sebuah pendekatan yang membaurkan saluran online dan toko fisik, melalui program Blibli InStore dan Click&Collect. Pada akhir 2019, Blibli.com bertujuan untuk menghadirkan kemitraan O2O melalui kedua program tersebut di lebih dari 20.000 lokasi toko ritel. Blibli InStore adalah program di mana pelanggan dapat berbelanja melalui fasilitas point of sales (POS) milik Blibli.com yang tersedia di toko-toko fisik. Sedangkan untuk Click&Collect, pelanggan bisa melakukan transaksi melalui situs Blibli.com, lalu mengambil barang pembelian langsung dari toko merchant yang terdaftar.

Keamanan transaksi di Blibli.com pun telah mendapatkan pengakuan, di mana Blibli.com mendapatkan skor tertinggi di Indeks Keamanan Informasi (KAMI) dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Kuatnya performa di kuartal pertama 2019 membuat Blibli.com yakin bahwa mal online ini mampu mempertahankan kinerja selama setahun ini. Untuk itu, tiga fokus utama menjadi sasaran, yang pertama adalah menyeleksi produk-produk dengan lebih cermat agar bisa semakin memenuhi kebutuhan pelanggan. Kedua, terus meningkatkan pendekatan O2O bagi kenyamanan berbelanja pelanggan, dan yang ketiga adalah menggunakan teknologi untuk memberikan pengalaman berbelanja online yang berkesan.

Blibli.com juga berencana untuk memiliki 32 gudang di akhir tahun ini, kenaikan yang signifikan dari 14 gudang per akhir 2018. Ke depannya, Blibli.com akan terus mengembangkan layanan-layanannya berbasis teknologi terkini. Blibli.com sedang mengembangkan fitur-fitur yang menggunakan Artificial Intelligence (AI) dan Augmented Reality (AR) karena kedua teknologi ini akan semakin meningkatkan pengalaman berbelanja, sejalan dengan komitmen terhadap kepuasan pelanggan.

Kusumo Martanto, Chief Executive Officer menyatakan tahun ini Blibli.com menjadikan ‘Customer Satisfaction First’ sebagai strategi bisnis dan menegaskan komitmennya untuk semakin meningkatkan mutu layanan pada pelanggan di tengah pesatnya pertumbuhan industri e-commerce Indonesia. Customer Satisfaction First mengintegrasikan enam manfaat yang selama ini Blibli.com telah berikan pada pelanggan ke dalam satu strategi yang menyeluruh. Keenam manfaat tersebut adalah biaya pengiriman gratis, pengiriman cepat, 100% barang orisinal, layanan konsumen 24 jam selama 7 hari (24/7 Customer Care), pembayaran yang aman, dan jaminan 15 hari pengembalian barang.

“Selama hampir delapan tahun beroperasi, Blibli.com terus memperluas manfaat yang ditawarkan pada para pelanggan. Melihat arah perkembangan bisnis dan industri e-commerce Indonesia, Blibli.com memutuskan untuk menyinergikan manfaat-manfaat yang dahulu berdiri terpisah ke dalam satu strategi komprehensif, yaitu Customer Satisfaction First,” kata Kusumo.

Blibli.com yang berdiri pada 2011 lalu merupakan e-commerce buatan Indonesia dengan model bisnis yang fokus pada B2B, B2C, dan B2B2C (Business to Business to Consumer). Sebagai mal online terbesar dan terpercaya, Blibli.com menawarkan berbagai pilihan produk berkualitas yang disediakan oleh lebih dari 75.000 mitra usaha, mulai dari kebutuhan primer, produk elektronik & gadget, kebutuhan sehari-hari hingga produk untuk keperluan gaya hidup. Kecepatan pengiriman barang di Blibli.com didukung oleh armada Blibli Express Service (BES) dan 15 mitra logistik, serta memiliki 14 gudang barang dan 19 hub yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Dengan visi menjadi e-commerce nomor satu yang memiliki jumlah pelanggan setia terbanyak di Indonesia, Blibli.com berkomitmen untuk memberikan kenyamanan  dan kepuasan belanja melalui 24/7 layanan customer care, kepastian 15 hari pengembalian barang serta pilihan pembayaran yang lengkap dan aman kepada pelanggan.(RD)