PT Sinar Armada Globalindo Perkuat Kemitraan dengan Golden Dragon Bus di Busworld Southeast Asia 2024

Bisnisjatim.id, Jakarta – Pada bulan Mei 2024, PT Sinar Armada Globalindo (SAG) kembali menegaskan kemitraan eratnya dengan Golden Dragon Bus Co., LTD di ajang terkemuka Busworld Southeast Asia Exhibition yang berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Kolaborasi ini tidak hanya bertujuan untuk menghadirkan produk bus terbaik dan layanan profesional ke pasar Indonesia, tetapi juga untuk memperkuat pertukaran komprehensif antara Tiongkok dan Indonesia dalam sektor transportasi, sekaligus membangkitkan kembali vitalitas baru dalam transportasi publik Indonesia.

Sejak pertama kali memperkenalkan Bus Low Deck 12M ke Indonesia pada tahun 2019, PT SAG telah memperlihatkan komitmen kuatnya terhadap mobilitas bersih. Bus tersebut mulai beroperasi pada tahun 2023 dan menjadi bagian dari program pemerintah Langit Biru yang bertujuan untuk mengendalikan polusi udara. Dalam perjanjian terbaru, PT SAG bersama Golden Dragon Bus akan menambah armada bus High Deck 12M yang akan beroperasi di koridor TransJakarta pada Desember 2024, memperkuat komitmen mereka terhadap lingkungan yang lebih bersih dan mobilitas berkelanjutan.

Langkah ini juga sejalan dengan pengesahan Peraturan Pemerintah tentang Nilai Ekonomi Karbon (NEK) oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2022. Pemerintah Indonesia telah berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon sebesar 41% dengan dukungan internasional pada tahun 2030 sebagai bagian dari komitmen dalam Perjanjian Paris. Kementerian ESDM menyatakan bahwa kendaraan listrik mampu mengurangi emisi hingga 50% dibandingkan dengan kendaraan berbahan bakar fosil, di mana perjalanan 10 km dengan kendaraan BBM menghasilkan 2,4 kg CO2, sementara kendaraan listrik hanya menghasilkan 1,1 kg CO2, mengurangi sekitar 1,3 kg CO2 setiap 10 km perjalanan. Selain itu, beban operasional tahunan kendaraan listrik juga lebih ringan, dengan penghematan sekitar 74% untuk bahan bakar dan 48% untuk perawatan mesin.

Andre Jodjana, Direktur Komersial & Pengembangan Bisnis PT SAG, menyatakan, “Sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan Golden Dragon Bus, kami telah melakukan kunjungan beberapa kali ke pabrik Golden Dragon dan sangat terkesan dengan pengejaran teknologi yang luar biasa serta sikap pragmatis mereka terhadap pasar. Kami sepakat untuk mewujudkan transportasi yang efisien, andal, aman, dan bernilai tinggi.”

Dengan dukungan penuh dari Golden Dragon, PT SAG berhasil memperkenalkan bus listrik ke pasar Indonesia dan mendapat apresiasi yang luas. Saat ini, bus listrik Golden Dragon telah menempati posisi penting di pasar Indonesia. PT SAG optimis dengan prospek kerjasama ini dan berencana untuk memperkenalkan bus listrik dengan perakitan lokal guna mempercepat transfer teknologi ke putra dan putri Indonesia serta menciptakan lapangan kerja baru. (bj3)