Perkuat Segmen Muda, Bukit Darmo Rebranding Lenmarc Mall Jadi FairwayNine Mall

Surabaya, BisnisJatim.Id – PT Bukit Darmo Property Tbk (BKDP) terus melakukan langkah strategis. Yang terbaru emiten asal Surabaya ini melakukan rebranding Lenmarc Mall menjadi FairwayNine Mall untuk menyasar kalangan muda mapan di Surabaya.

Lenna Sumampow, Direktur PT Bukit Darmo Property Tbk, menjelaskan, rebranding Lenmarc Mall menjadi Fairway Nine Mall berlaku mulai tanggal 16 November 2023. Perubahan nama ini tidak menggangu aktivitas di mall. Mall tetap akan buka seperti biasa.

Dia yakin dengan tranformasi baru ini, Fairway Nine Mall akan menjadi destinasi belanja dengan pengalaman baru dan menyenangkan. Apalagi pihaknya juga menyasar kalangan muda yang sudah mapan di Surabaya sehingga desain dan layoutnya harus diubah sesuai dengan taste anak muda.

“Fairway Nine karena mall dengan konsep baru ini area F&B nya baik indoor maupun outdoor akan langsung menghadap lapangan golf (golf view). Ini yang pertama di Surabaya. Dan angka Sembilan, semoga membawa keberuntungan,” kata Lenna Sumampow saat public expose di clubhouse Bukit darmo Golf, kamis (16/11).

GARAP SEGMEN MUDA : Lenna Sumampow (kanan), Brasada Chandra dan Rezaherman Surjaningrat menjelaskan rebranding Lenmarc mall menjadi FairwayNine Mall untuk menjaring segmen muda mapan di Surabaya. (dok)

Saat ini pihaknya terus melakukan perubahan di ground floor, lower ground, lantai 2&3 dan sebagian besar sudah selesai. Dengan tampilan baru ini, dia yakin akan membawa suasana baru terutama bagi kalangan yang suka hang-out bersama teman-teman sambil menikmati aneka menu makanan dan minuman kekinian.

Bahkan pihaknya juga melakukan kerjasama dengan Universitas Petra Surabaya dimana salah satu prodinya, Bisnis, akan membuka ruang perkuliahan disini. Universitas Petra menyewa space 1.500 m2. Hal ini akan menjadi captive market Fairway Nine Mall kedepan.

“Nantinya mall ini sekitar 60-70 persen akan dipakai untuk food&beverage (F&B) dan sisanya untuk retail. Kami optimis saat soft opening April 2024, okupansinya sudah 70 persen. Dan saat grand opening okupansi sudah 90 persen,” tambah Lenna.

Selain tenant existing sekarang, nanti juga akan banyak masuk tenant baru dari Surabaya maupun Jakarta seperti Market City, Excelso, Cork&Screw, Mille Billiard, Osteria Gia, TimeZone, Teazzi, KiddyCuts, Zuma dan banyak lagi lainnya.

“Fairway Nine Mall akan menjadi destinasi belanja dan lifestyle baru di Surabaya Barat,” ujarnya.

Terkait belanja modal, Brasada Chandra, Direktur BKDP menambahkan, hingga saat ini pihaknya telah mengeluarkan modal sekitar Rp 31 miliar untuk tahap satu. Sedangkan tahap dua yang menyangkut perbaikan di lantaia 2 dan 3, akan menelan dana sekitar 21 miliar.

Dia yakin dengan perbaikan yang dilakukan kedepan kinerja perseroan akan semakin meningkat. Apalagi pihaknya juga akan segera mengoperasikan hotel Bintang lima, Hyatt Centric. Saat ini pihaknya lagi menyelesaikan desain interior, perubahan jumlah kamar dan ME.

“Hotel ini akan connecting dengan mall dan lapangan golf. Sehingga customer hotel yang mau main golf bisa langsung starter  dari hole 13 yang ada di depan hotel,” kata Brasada.

Hotel Hyatt Centric nantinya akan memiliki kamar sebanyak 209 uni. Jumlah tersebut berkurang dari sebelumnya 250 unit kamar. Pihaknya juga menyediakan meeting room sebanyak 4 unit. Hal itu mengikuti perubahan pola customer yang meeting banyak dilakukan secara zoom.

“Kami harapkan akhir 2025 nnati sudah bisa beroperasi. Dengan adanya hotel Bintang 5, kini semakin lengkap sebagai superblock. Ada hotel, apartemen, office dan juga lifestyle mall. Dengan begitu  kami juga semakin siap untuk berkompetisi. Disini ada banyak kelebihan yang bisa di explore,” ungkapnya.

Terkait kinerja perseroan, dia mengaku sampai 30 September 2023 BKDP masih mengalami kerugian 20,6 miliar turun dari tahun lalu periode sama yakni Rp 27,1 miliar. Hal ini karena selama masa renovasi mall, ada beberapa tenant yang meminta keringanan sehingga hal ini berimbas pada pendapatan perseroan yang turun dari Rp 26,7 miliar tahun lalu menjadi Rp 25,5 miliar tahun ini per 30 September 2023.

“Kami yakin dengan strategi yang kami lakukan baik jangka pendek maupun jangka panjang, kedepan kinerjanya akan semakin bagus. Apalagi nanti kalau FairwayNine mall konsep baru dan Hyatt Centric hotel sudah buka maka akan menambah revenue perseroan,” tutup Brasada. BJ3