Jakarta, BisnisJatim.Id – Untuk mendorong para desainer Indonesia bisa go internasonal lewat karya-karya terbaiknya, diperlukan sinergitas yang kuat lintas Kementerian.
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Dyah Roro Esti mengatakan, Kementerian Perdagangan (Kemendag) konsisten melakukan promosi ke luar negeri untuk mendorong perluasan akses pasar modest fesyen Indonesia melalui perwakilan perdagangan di seluruh dunia.
“Diharapkan ke depannya ada sinergisitas lintas kementerian untuk mendongkrak karya desainer lokal hingga mampu menembus pasar internasional,” kata Roro Esti, disela ajang Indonesia International Modest Fashion Festival (IN2MF) 2024, dilansir Antara Jumat (1/11).
Dia menambahkan agar terus mendorong industri kreatif tersebut, pengembangan sumber daya manusia (SDM), yang berkualitas menjadi faktor kunci dalam mendukung peningkatan kompetensi di sektor tersebut.
Roro Esti juga menyampaikan bahwa ajang IN2MF 2024 tidak hanya menjadi panggung bagi para desainer untuk menampilkan karyanya, tetapi juga menjadi momentum penting untuk bersama-sama memajukan industri modest fesyen Indonesia.
“Pemerintah khususnya Kementerian Perdagangan juga terus berupaya dan berkolaborasi dalam pengembangan modest fashion, salah satunya melalui platform Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) yang telah dilaksanakan bulan Oktober lalu, bersamaan dengan Trade Expo Indonesia (TEI),” ujar Wamendag.
Pada ajang IN2MF, yang diselenggarakan Bank Indonesia dan Kementerian UMKM tersebut, Wamendag Roro Esti tampil anggun mengenakan busana rancangan Riris Ghofir, desainer asal Gresik, Jawa Timur.
Busana yang dikenakan Roro Esti dibuat dengan motif tenun bordir, yang menggabungkan antara unsur tradisional Indonesia dan Timur Tengah. Kegiatan tersebut diikuti ratusan desainer tanah air maupun mancanegara. BJ1/Ant