PopIn Luncurkan popIn Action Berbasis Teknologi Pemindaian Gambar

Di Indonesia, popIn Action telah digunakan untuk mendukung layanan e-commerce fashion Muslim pertama di dunia, HIJUP www.hijup.com

Diperkuat teknologi pemindaian gambar tercanggih, popIn Action sangat bermanfaat untuk mendukung layanan e-commerce, karena mempermudah konsumen memilih produk yang dibutuhkan secara cepat dan tepat

JAKARTA-Perusahaan terkemuka di bidang intelligence enhancement yang bermarkas di Minato-ku, Tokyo, popIn Inc. atau yang popular dikenal popIn, meluncurkan produk berbasis teknologi pemindaian gambar, popIn Action. Produk ini berguna bagi perusahaan ecommerce dalam meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan karena membantu mereka menemukan dan memilih produk yang dibutukan secara lebih cepat dan akurat.

Tao Cheng, CEO popIn Inc. memapaparkan, popIn Action adalah layanan tanpa batas yang tersedia bagi situs web mana pun di seluruh dunia yang tidak terkendala oleh persoalan bahasa. Adanya potensi akselerasi bisnis dan layanan pelanggan yang mampu dihadirkannya berkat penggunaan teknologi pemindaian gambar, menjadikan popln bertekad ingin memperluas layanan inovatif dari Jepang ke seluruh wilayah Asia, termasuk Indonesia, untuk kemudian berkembang secara global. “Melalui komitmen ini, popIn akan terus menawarkan berbagai nilai dan manfaat bagi mitra dan pelangganya di seluruh dunia,” papar Tao.

Di Indonesia, inovasi yang diluncurkan serentak di 10 negara Asia ini, langsung mendapatkan respon positif dari pelaku industri. Buktinya, dengan popIn Action langsung diadopsi oleh e-commerce fashion Muslim pertama di dunia, HIJUP, untuk meningkatkan pengalaman berbelanja bagi pelanggannya. Selain HIJUP www.hijup.com, terdapat juga 13 e-commerce lainnya dari Jepang, Singapura, Makau, Hong Kong, Brunei, Taiwan, Korea, Malaysia, dan India.

Kolaborasi HIJUP dengan popIn bertujuan untuk menghadirkan sebuah fitur yang mampu meningkatkan kenyamanan berbelanja sekaligus mempermudah para pelanggan poplin dalam mencari fashion item yang dilihat pada berbagai referensi yang HIJUP tawarkan, seperti melalui media sosial. “Kolaborasi ini selaras dengan komitmen HIJUP sebagai e-commerce fashion Muslim yang turut menjadi katalisator pertumbuhan industri fashion muslim di mana kami hadir dengan berbagai inovasi sebagai solusi untuk memberikan kemudahan bagi para Muslimah dalam melengkapi kebutuhan berbusana sesuai syariat,” ujar Diajeng Lestari, Founder dan CEO HIJUP.

Penggunaan popIn Action diharapkan akan menjadikan HIJUP sebagai situs e-commerce yang mampu memberikan pertimbangan yang lebih luas bagi pelanggannya. Lazimnya ada pada teknologi rekomendasi produk yang dipakai oleh situs-situs e-commerce konvensional, pada dasarnya memanfaatkan sistem penyaringan kolaboratif. Sistem ini dihasilkan oleh mekanisme prediksi di mana pengguna yang membeli produk tertentu cenderung akan membeli produk lain yang sering dibeli bersamaan dengan produk tersebut. Demi menghadirkan rekomendasi yang akurat dengan sistem penyaringan kolaboratif, situs e-commerce membutuhkan sejumlah besar data historis dari interaksi pengguna.

Berbeda dengan popIn Action, berkat teknologi pemindaian gambar yang canggih, solusi ini  mampu menampilkan produk serupa dan menganalisis ciri-ciri produk seperti warna, pola, bentuk, dan bahan. Selanjutnya, situs e-commerce yang telah menggunakan popIn Action  dengan mudah akan dapat merekomendasikan produk-produk serupa tanpa data historis dari interaksi pengguna tentang produk tersebut. popIn Action menawarkan dua kemampuan, yang pertama mampu menampilkan  rekomendasi produk serupa yang mirip dengan produk yang sedang dicari oleh pengguna. Adapun yang kedua adalah mampu menampilkan produk serupa dari katalog e-commerce ketika pengguna mengunggah gambar yang disimpan di ponsel pintar atau komputer.

Mengingat konsumen tak bisa menyentuh produk fisik di situs e-commerce, tampilan produk dapat menjadi faktor penentu yang penting bagi pengguna. Disinilah manfaat popln Action. Seiring dengan rekomendasi lewat sistem penyaringan kolaboratif, popIn Action memberikan lebih banyak pilihan bagi pengguna, memperbesar peluang pembelian barang, sehingga mengarah pada peningkatan konversi.

Tentang integrasi dan biaya popIn Action, dengan menambahkan hanya satu baris kode dari popIn Action, situs e-commerce dapat memanfaatkan teknologi rekomendasi dari Visual Search dan Vision AI. Alih-alih membebankan biaya berdasarkan jumlah API yang dikonsumsi atau tampilan, popIn Action hanya mengenakan biaya pada saat pengguna mengklik produk yang disarankan, dan kemudian menambahkan produk tersebut ke dalam keranjang belanja. Karena biaya disesuaikan dengan konversi, situs e-commerce dapat mengintegrasikannya dengan risiko yang minimal.

Peluncuran perdana popIn Action bekerja sama dengan 14 situs e-commerce di 10 negara dan kawasan secara global. Seperti di Jepang (www.elleshop.jp, www.mix.tokyo, www.komehyo.jp, www.store-raycassin.jp) di Indonesia (www.hijup.com), Singapura (www.hijup.com), Malaysia (www.hijup.com), Brunei (www.hijup.com), India (www.layuva.com), Korea (www.ely-sia.net, www.cocoblack.kr, www.uptownholic.com, www.bigsizeclub.co.kr), Taiwan (www.shtickinc.com/Shop/), Hong Kong (www.shtickinc.com/Shop/) dan di Makau (www.shtickinc.com/Shop/).(NR)