JAKARTA-Kompetisi industri telekomunikasi semakin dinamis seiring dengan perubahan era layanan, dari semula layanan sms dan suara ke era layanan data. Semua itu tak lepas dari trend digital yang berkembang pesat, merambah ke berbagai aspek kehidupan masyarakat.
Mau tak mau, operator telekomunikasi dituntut bisa mengimbangi perubahan itu agar bisa tetap eksis. Layanan terbaik kepada pelanggan pun menjadi kunci keberhasilan memenangkan persaingan.
Hanya masalahnya, setiap operator menghadapi masalah internal yang mempengaruhi kinerja mereka dalam memberikan layanan kepada masyarakat.
Yang pasti, kualitas jaringan, strategi pemasaran serta keberadaan SDM yang berkualitas akan menjadi faktor penting dalam mendukung kinerja perusahaan ke depan.
Menyadari hal itu, bertepatan dengan HUT perusahaan ke-51, Indosat Ooredoo dengan tim manajemen baru menegaskan kembali pencanangan program transformasi perusahaan yang fokus pada people, process dan business.
Irsyad Sahroni, Director & Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo menyatakan transformasi people menjadi perhatian pertama dan utama manajemen baru, karena SDM merupakan aset terpenting perusahaan dan menjadi motor penggerak utama bisnis. Tanpa SDM yang berkualitas, bisnis tidak akan dapat berjalan ke depan.
“Transformasi people yang kami canangkan akan diimplementasikan dalam beberapa program utama yang meliputi pembentukan Employee Value Proposition melalui People Development dan Leadership Development yang kuat untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang dinamis, dan didukung dengan Reward Strategy dan Employee Relations yang tepat untuk me-retain, engage dan develop talenta masa depan,” kata Irsyad di Jakarta, Senin (12/11).
Irsyad menyatakan Indosat Ooredoo selama ini dikenal sebagai talent producer bagi industri telekomunikasi Indonesia dan melalui afiliasinya dengan Ooredoo Group, Indosat Ooredoo ingin menghasilkan talenta internasional yang mampu memenangkan persaingan bisnis yang semakin dinamis. “Ini semua hanya bisa tercapai bila pembangunan SDM dilakukan secara employee-centered,” sebut Irsyad.
Program transformasi people ini diharapkan akan menjadi pendukung dan motor penggerak perusahaan yang lebih cepat dalam mengeksekusi berbagai rencana strategis dan target perusahaan ke depan. “Didukung dengan tim baru manajemen, komitmen investasi lebih massive ke depan, serta dukungan berbagai mitra strategis perusahaan, Indosat Ooredoo optimis akan dapat memenangkan persaingan ke depan, memberikan layanan yang semakin baik kepada pelanggan, serta memberikan hasil terbaik kepada seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) perusahaan,” pungkas Irsyad.(RD)