Surabaya – Meskipun masih dibayangi pandemi, namun pelaku usaha sektor wisata tetap optimis tahun ini pertumbuhannya akan lebih baik dari tahun lalu. Hal ini karena semakin banyak yang melakukan perjalanan bisnis maupun wisata dengan protokol kesehatan ketat.
Menurut Rajasa Hadisoemarto, Area Manager East Indonesia, tiket. com, trend perbaikan kondisi ini sudah terlihat sejak kuartal ketiga tahun 2020. Saat ini pemesanan hotel di sejumlah kota tujuan di Indonesia termasuk Surabaya mengalami peningkatan signifikan yakni 122 persen.
“Kami mencatat angka pemesanan hotel di kota Surabaya naik 248 persen dari Q3 ke Q4 2020. Hal ini menunjukkan animo masyarakat yang tinggi untuk kembali liburan atau mengganti suasana dengan melakukan staycation ataupun work from hotel di hotel dekat rumah” kata Rajasa di Surabaya (18/3).
Sebab itu, lanjut Rajasa, pihaknya merasa optimis tahun ini akan lebih bagus lagi. Sebab, masyarakat semakin bisa menikmati untuk bepergian baik untuk kepentingan bisnis maupun wisata. Sehingga kebutuhan akomodasi akan terus meningkat.
“Kami optimis, pertumbuhan Q4 tahun 2020 ke Q1 tahun ini akan sama dengan kondisi Q3 ke Q4 tahun lalu. Minimal ada pertumbuhan 120 persen. Orang sudah nyaman tinggal di Hotel untuk bekerja maupun stay sepereeti di rumah,” tambahnya.
Yosi Marhayati, Public Relation Lead Tiket.com menambahkan, sejak terjadinya pandemi, pihaknya fokus mendukung upaya pemerintah mempercepat pemulihan industri pariwisata. Berbagai upaya dan inovasi ditempuh tiket.com sebagai komitmen . Salah satunya adalah fitur tiketCLEAN.
Dikatakan, tiketCLEAN merupakan solusi tiket.com turut mendorong pemulihan industri pariwisata Indonesia. Label tiketCLEAN diberikan kepada semua mitra bisnisnya yang telah memenuhi standarisasi protokol kesehatan dan kebersihan, sehingga aman dikunjungi oleh masyarakat.
Saat ini, lebih dari 10.600 hotel di Indonesia yang telah mendapatkan label tiketCLEAN. Khusus di Surabaya, 268 hotel telah berlabel tiketCLEAN. Jumlah mitra hotel yang berlabel tiketCLEAN bertumbuh rata-rata 35 persen per kuartal.
“Mereka merasa lebih nyaman dan aman tinggal dihotel. Mereka juga nginap lebih panjang 2-3 hari. Kehadiran informasi hotel berlabel tiketCLEAN juga mempermudah pengambilan keputusan bagi konsumen yang hendak mencari akomodasi ,” kata Yosi.
Selain itu, pihaknya juga berpartisipasi dalam inisiatif Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), yaitu InDOnesia CARE yang memastikan bahwa tempat wisata dan akomodasi menerapkan protokol kesehatan dan tersertifikasi CHSE (Clean, Healthy Safety and Environment). “Sekarang pelanggan tidak perlu ragu lagi saat ingin berpergian dan menginap di hotel pilihan, karena kami telah memberikan pilihan akomodasi yang sudah CHSE dan tiketCLEAN, dengan hanya memilih filter InDOnesia CARE saat akan memilih akomodasi,” ujarnya.
Pihaknya juga mengundang operator hotel lain agar segera bergabung ke dalam ekosistem tiket.com serta bagi mitra akomodasi yang belum melakukan standarsisasi CHSE dan label tiketCLEAN, pihaknya mengajak menerapkan prosedur sertifikasi/standarisasi protokol kesehatan yang diberikan Kemenparekraf dan tiket.com.
Pihaknya juga ikut mendukung gerakan Kemenparekraf #DiIndonesiaAja. Tiket.com menggelar tiket #DiIndonesia yang memberikan berbagai inspirasi liburan ke destinasi domestik, khususnya 5 Destinasi Superprioritas, di platform tiket.com
“Kami juga memberikan diskon tiket pesawat, hotel, dan aktivitas berwisata di tiket TO DO untuk destinasi di Indonesia,” kata Yosii.
Program lainnya yang juga gencar dipasarkan tiket.com adalah program #ditiketin dengan diskon hingga 40 persen untuk menginap di berbagai hotel pilihan di Indonesia. Program ini berlaku mulai tanggal 18 hingga 24 Maret 2021. Konsumen dapat menikmati diskon dengan bertransaksi melalui aplikasi atau mengunjungi situs tiket.com.
“Kami juga ada program tiketflexi. Sehingga pelanggan bisa sesuka hati menyesuaikan jadwal menginap sesuai keinginan. Masanya hingga satu tahun,” kata Rajasa.
Selain diskon dasar hingga 40 persen, bagi para konsumen yang menggunakan kartu kredit dari 5 mitra bank (BCA, BNI, Citibank, Standard Chartered Bank, dan UOB), 3 dompet digital (Digibank, GoPay, dan TMRW), dan/atau tiket PayLater, tiket.com memberikan diskon tambahan 8 persen ketika nilai transaksi mencapai Rp 500.000 atau potongan Rp 75.000 jika transaksi mencapai Rp 400.000.
“Kami mengundang masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan momen diskon khusus hotel persembahan dari tiket.com agar dapat mencoba pengalaman work from hotel atau rehat sejenak bersama pasangan atau keluarga,” tandas Gaery Undarsa, Co-Founder & Chief Marketing Officer tiket.com.
Dia yakin, kemitraan berkelanjutan merupakan solusi kunci dalam mendorong pemulihan industri pariwisata Indonesia. Kolaborasi strategis antara tiket.com dan Kemenparekraf akan membawa dampak positif bagi para pencari nafkah di dalam industri pariwisata.
“Bebagai peran yang dijalankan tiket.com tidak hanya menjadi pionir platform OTA di Indonesia, tetapi juga jendela informasi bagi wisatawan lokal maupun internasional yang ingin menjelajahi Indonesia. Hal ini akan semakin membuka peluang percepatan pemulihan industri pariwisata tahun 2021,” ujar Gaery Undarsa. (ris)