Kosmepack, Unit Bisnis J99 Corp., Siap Menjadi Solusi Kemasan Terbaik bagi Industri

Salah satu alat yang dimiliki Kosmepack, Screen Printing Machine PUV-208. Dilengkapi dengan 2 set kepala sablon independen dan 2 set sistem pengeringan UV, mesin sablon warna ganda ini dirancang khusus untuk mencetak pada wadah kosmetik dan produk datar lainnya.

 

Bisnisjatim.id, Jakarta – J99 Corp., perusahaan induk yang membawahi multi industri, menghadapi persaingan usaha yang semakin ketat dengan tantangan besar. Selain harus menyuguhkan produk unggul dan berkualitas, pelaku usaha pun harus berlomba-lomba membuat tampilan produk yang berbeda dan menarik dibandingkan kompetitornya. Packaging atau kemasan menjadi faktor penting untuk menarik perhatian pelanggan karena bisa menjadi penentu keputusan konsumen dalam membeli suatu produk.

PT Kosmetika Global Printing and Packaging (Kosmepack) adalah salah satu unit bisnis unggulan J99 Corp. yang bergerak di bidang manufaktur penyedia kemasan, berlokasi di SIER, Surabaya. Memasuki usia keempat tahun, Kosmepack hadir membantu pelaku industri yang membutuhkan kemasan untuk bisnis, baik dalam skala kecil, menengah, maupun besar (Business to Business).

Fitra Ulfia, Product Development PT Mires Mahisa Globalindo, perusahaan yang menaungi merek KLT NEW, mengungkapkan pengalamannya bekerja sama dengan Kosmepack. “KLT NEW telah menggunakan produk kemasan botol dari Kosmepack sejak tahun 2023. Selama ini, kemasan tersebut telah memenuhi standar kualitas yang diterapkan oleh perusahaan kami. Dengan mutu produk yang tetap dipertahankan dan pelayanan yang terus ditingkatkan, kami berharap Kosmepack dapat terus mendukung bisnis kami di tahun-tahun mendatang,” ujar Fitra.

Menurut Riza P. Wicaksana, Direktur Kosmepack, perusahaan ini merupakan one stop packaging shopping solution yang menyediakan berbagai kebutuhan kemasan, mulai dari kemasan primer, sekunder, hingga dekorasi kemasan untuk meningkatkan nilai jual produk. “Kosmepack menyediakan konsultasi dan mock up desain gratis bagi pelanggan melalui motonya ‘Accelerating Your Packaging Solution’. Kualitas adalah prioritas dan guideline kami dalam bekerja, dengan dukungan mesin high end yang berproduksi 24 jam tanpa henti untuk memenuhi kebutuhan pelanggan,” jelas Riza.

Produksi kemasan untuk industri kosmetik masih menjadi bisnis utama Kosmepack saat ini, diikuti oleh industri food and beverages, jamu, houseware, dan industri kecil lainnya. Untuk kemasan produk kosmetik, Kosmepack memproduksi kemasan untuk merek-merek seperti MS GLOW, Melia, KLT, Skin Theory, Beeganic, Kithosindo, serta merek-merek pendatang baru seperti Himawari, Moin, dan BBS. Untuk houseware, ada merek Miracle dan Nobu dari MMM. Selain itu, ada juga kemasan untuk industri UMKM seperti kemasan burger dan kentang goreng, jamu-jamuan, minuman herbal, dan masih banyak lagi.

Dengan berbagai pilihan jenis kemasan ini, semua proses produksi kemasan di Kosmepack terjamin kualitasnya sesuai standar sertifikasi ISO 9001:2015 serta didukung oleh tim ahli dan berpengalaman di bidangnya. Kosmepack terus berinovasi, termasuk pembuatan kemasan pot cream square berbahan dasar PMMA (acrylic) pertama di Indonesia dengan proses injection molding multi cavity.

Ganesya W. Pradana, CEO J99 Corp., menuturkan bahwa Kosmepack senantiasa menjunjung tinggi komitmen dalam memberikan produk dan layanan inovatif serta berkualitas. “Indonesia Packaging Federation (IPF) menargetkan nilai produksi kemasan di Indonesia pada tahun 2023 mencapai lebih dari 116 triliun rupiah. Kementerian Perindustrian menyebut Indonesia termasuk negara dengan pertumbuhan pasar kemasan tercepat secara global. Agar bisa terus bersaing di industri packaging ini, Kosmepack sebagai bagian dari J99 Corp. terus tumbuh dan berkembang dengan dukungan orang-orang kompeten di bidangnya, memastikan seluruh customer mendapatkan layanan dan produk dengan standar kualitas terbaik,” ujar Ganesya.

Packaging tidak hanya berfungsi sebagai wadah produk, tetapi juga sebagai sarana branding dan promosi suatu merek. Oleh karena itu, pelaku industri sangat berhati-hati dalam menentukan packaging yang tepat untuk produk-produknya. Peran produsen packaging sangat penting untuk memenuhi kebutuhan pelaku industri akan packaging produk yang menarik, berkualitas, sesuai kebutuhan, dan mampu bersaing di pasaran. (bj2)