SURABAYA – Meskipun kondisi konomi masih melambat, namun Ciputra Group tetap melanjutkan pembangunan Mall Ciputra World Surabaya Extension. Mall enam lantai ini diperkirakan akan mulai beroperasi pada September 2020 setelah kemarin melakukan topping off.
Harun Hajadi, managing direktur Ciputra Group, mengaku, saat ini bisnis retail berubah. Sebab itu mall juga harus diubah konsepnya. Mall tidak hanya menjadi tempat orang untuk berbelanja saja, namun juga untuk melakukan berbagai aktivitas lain.
“Semuanya telah berubah. Orang datang ke mall sekarang banyak yang karena ingin mencari experience baru,” kata Harun Hajadi kemarin usai topping off Mall CWS Extension.
Sebab itu, lanjutnya, konsep mall harus diubah. Sekarang mall harus menyediakan banyak tempat yang menarik untuk orang melakukan aktivitas. Berbagai komunitas masyarakt sekarang justru menjadi market potensial bagi mall.
“Komunitas menjadi target market mal. Banyak aktivitas yang dilakukan dimall seperti memasak, bermain musik, olahraga dan banyak lagi lainnya.Bahkan mall juga harus dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk anak-anak,” tambahnya.
Setelah topping off dan menyelesaikan mall extension CWS, kedepan pihaknya juga berencana untuk mengubah beberapa bagian dari mall yang lama. Tujuannya untuk updating dan menyesuikan dengan ondisi yang ada sekarang.
Sementara itu, Sutto Yakobus, senior direktur PT Ciputra Development Tbk menambahkan, pengembangan membuat mall di CWS semakin luas. Kalau yang semula space yang leasable 58.000, kini luasnya menjadi 90.000 meter persegi. Hal ini untuk menampung banyak tenant baru dengan brand-brand baru. Sementara mall yang lama saat ini okupansinya sudah mencapai 98 persen.
“Mall CWS nanti akan menjadi pusat life style baru di Surabaya. Banyak brand baru yang belum ada di Surabaya akan masuk kesini,” ujar Sutoto Yakobus.
Menurutnya, kuliner atau food and beverage (F&B) tetap akan menjadi primadona dalam mall CWS nanti. Sebab itu, pihaknya menyediakan 40 persen dari leasable space, digunakan untuk F&B. Bahkan dibagian depan disiapkan outdoor terrace dengan taman yang luas yang akan memberikan suasana baru.
“Mall extension juga kami lengkapi dengan multi function hall dan meeting room.Karena ruang exhibition di Surabaya masih kurang. Selain itu area parker luar juga kami tambah dengan kapasitas 400 mobil, jadi akan lebih muda aksesnya,” tambah Sutoto.
Bahkan di mall extension CWS nanti juga dilengkapi dengan area khusus untuk fashion muslim dengan outlet yang cukup banyak. Banyak brand pakaian muslim kelas premium yang sudah masuk kesini. Di Jakarta hal ini sudah menjadi trend .
General Manager mall CWS, Lingga Fransiska, mengatakan, mall extension CWS tetap akan menyatu dengan mall yang lama. Namun fasilitasnya akan semakin lengkap.Bahkan di mall CWS extension ini juga disediakan roof top garden yang bisa dipakai untuk berbagai aktivitas masyarakat.
“Nanti di ground floor akan banyak kafe & lounge yang langsung terhubung dengan outdoor park. Sementara di lantai tiga ada sky light garden yang terhubung langsung hingga lantai tuju,” ujar Lingga Fransiska.
Mall extension CWS rencananya akan mulai buka pada September 2020. Hingga kemarin dari total spaece yang ada, sekitar 50 persen sudah terisi. Diharapkan pada saat opening tahun depan, okupansinya sudah mencapai 85 persen.
“Nanti akan banyak brand-brand baru yang akan masuk kesini sehingga pilihannya semakin lengkap,” tandas Lingga Fransiska. (ris) .