Surabaya, BisnisJatim.Id – Penurunan daya beli masyarakat tidak menyurutkan peritel melakukan ekspansi. Salah satunya Planet Sports (PS) yang membuka gerai ketiganya di Surabaya. Kali ini peritel brand-brand global ini membuka gerai di Ciputra World Surabaya (CWS).
Ardy Chaniago, Regional Head East & Central Java MAA Sport, mengatakan, ekspansi ini dilakukan karena pasar produk-produk apparel olahraga terutama kelas premium di Surabaya terus bertumbuh.
“Surabaya ini kota terbesar kedua di Indonesia. Marketnya cukup bagus terutama untuk produk premium. Karena itu kami berani buka outlet ketiga setelah di TP dan Mall Galaxy,” kata Ardy saat pembukaan gerai Planet Sports di CWS, Jumat (29/11).
Dikatakan, Planet Sports di CWS ini memiliki luas 1.500 m2. Ini merupakan outlet PS terbesar kedua di Surabaya. Disini ada 40 brand yang dipasarkan. Bahkan beberapa dilengkapi dengan simulator seperti golf, basket, threadmil dan Itrack.
Dia mengaku trend produk untuk olahraga terus meningkat. Hal ini karena tingginya kesadaran orang untuk hidup sehat dengan berolahraga. Sehingga semua produk hampir merata penjualanya seperti untuk running, renang, golf, basket, tenis dan lainnya.
“Namun yang paling dominan saat ini produk running. Karena komunitas running tumbuh sangat pesat di Surabaya dan sudah jadi bagian dari gaya hidup sehat saat ini,” ujarnya.
Soal alat simulator, dia mengaku hal itu untuk memudahkan konsumen sebelum membeli. Misalnya simulator golf, pegolf tidak harus ke lapangan untuk mencoba driver atau lainnya. Disini bisa dilakukan lewat simulator golf.
Demikian juga untuk olahraga basket, juga disediakan semacam lapangan untuk mencoba. Ada juga Itrack untuk mencocokan spatu yang cocok dan sesuai dengan bentuk kakinya.
“Pokoknya disini semua lengkap untuk family Anaknya bisa ke youth , ibunya bisa ke yoga dan bapaknya bisa mencoba golf. Bulan depan ada beberapa brand lagi yang buka,” ungkapnya.
Sutoto Yakobus, Senior Director Ciptra Group menambahkan, pihaknya menyambut baik kehadiran Planet Sport di Mall CWS. Hal ini akan membuat mall ini semakin ramai. Pasalnya, penggemar produk-produk branded terutama dari kalangan muda di Surabaya cukup besar. Sehingga kehadiran PS bisa menrik mereka.
Apalagi, MAP tidak berhenti disini. Sejumlah produk MAP lainnya juga akan segera menyusul bulan depan untuk buka disini. Sehingga pilihanya akan semakin lengkap. Saat ini ada 40 brand global dibawah MAP yang buka di Mall CWS.
“Hari ini ada 25 brand yang buka. 12 brand dari MAP Aktif, 7 brand fashion dan 6 brand diluar MAP. Beberapa brand juga memperluas outletnya seperti New Balance, Skechers, Crocs, Tommy Hilfiger, Calvin Klein, Mothercare, New Era, Lacoste. Sedangkan yang buka bulan depan ada Pandora, Everbest, Adidas, Rockstar Academy dan lainya,” kata Sutoto.
Sementara itu, Lingga Fransisca, General Manager Mall CWS menambahkan, banyak brand baru yang akan buka disini baik produk fashion maupun olahraga serta kuliner. Sebab itu, dia yakin, hingga akhir tahun 2024, Tingkat okupansi mall akan mencapai 90 persen dari total 100 ribu m2.
Untuk menarik pengunjung pihaknya juga memberikan banyak promo. Misalnya belanja produk MAP senilai 1 juta dapat voucher senilai yang sama pada saat pembukaan Planet Sport. Selain itu juga ada promo belanja produk MAP senilai 1 juta dapat diskon voucher 25 persen mulai tanggal 30 November hinga 8 Desember 2024. Sedangkan untuk kuliner ada promo bareng BCA dimana belanja kuliner Rp 350 ribu dapat voucher minum senilai Rp 35 ribu.
“Banyak yang akan buka disini baik brand Surabaya maupun Jakarta. Bahkan Rockstar Academy – outlet lengkap olahraga untuk anak-anak juga akan buka disini awal bulan depan dengan luas 2.500 m2. Demikian juga kuliner akan masuk beberapa brand yang belum ada di mall lain di Surabaya,” ungkap Lingga. BJ1