Surabaya, BisnisJatim.Id – Menanggapi kemajuan teknologi dan perubahan perilaku konsumen yang mendorong transformasi signifikan pada landskap ritel, PT Global Digital Niaga Tbk (‘Blili’; ‘Perseroan’; kode saham BEI: ‘BELI’) menambah kemeriahan ulang tahunnya yang ke-13 dengan penguatan komitmen pelayanan omnichannel yang inklusif di ekosistem Blibli Tiket. Aksi ini diwujudkan melalui rangkaian kunjungan ke empat kota, termasuk Kota Surabaya pada 29 Juli 2024.
Rangkaian ini mempertegas komitmen omnichannel terpadu pada ekosistem Blibli Tiket yang siap memenuhi aneka kebutuhan masyarakat, mulai dari belanja harian, gaya hidup, perjalanan dan akomodasi, home & living bahkan mobil mewah, semua tanpa hambatan lewat akses online maupun offline yang terintegrasi.
Yolanda Nainggolan, Head of Public Relations Blibli, mengatakan, “Kami membangun ekosistem perdagangan omnichannel dan gaya hidup dengan mengintegrasikan e-commerce platform Blibli, situs online travel agent (OTA) tiket.com, dan jaringan supermarket premium Ranch Market Group. Berpegang pada semangat #BisaJadiLebih, ekosistem Blibli Tiket terus berupaya hadirkan innovation for excellence yang berpusat pada pelanggan, seperti Blibli Tiket Rewards dengan unified membership sehingga pelanggan dapat mengakses ketiga platform dengan mudah, serta bisa mengumpulkan dan menggunakan poin loyalitas secara online dan offline dalam ekosistem Blibli Tiket.”
Selain itu, tambah Yolanda, “Strategi yang berfokus pada omnichannel dan ekosistem terintegrasi ini menjadi senjata Ekosistem Blibli Tiket dalam meraih keberlanjutan bisnis untuk selalu relevan, tepercaya, dan pilihan pelanggan.”
Belanja di ekosistem Blibli Tiket #BisaJadiLebih menguntungkan untuk warga Jawa Timur
Solusi omnichannel yang ditawarkan oleh ekosistem Blibli Tiket semakin menjadi andalan bagi warga Jawa Timur dalam memenuhi berbagai kebutuhan mereka. Fleksibilitas yang memungkinkan pengecekan kualitas produk secara langsung mendorong solusi omnichannel semakin dilirik. Fakta pendukung di antaranya, Crazy Rich memilih membeli Nikon Z9 senilai Rp90 juta di platform menggunakan fitur Click & Collect untuk pengambilan di toko.
Yang lebih fantastis, Crazy Rich lainnya bahkan membeli mobil senilai Rp2 miliar di platform, menjadi bukti kepercayaan pelanggan terhadap keamanan bertransaksi dan pengalaman berbelanja yang Tanpa Tipu Tipu di ekosistem Blibli Tiket.
Selain minat untuk pembelian produk high-end, beberapa emerging categories yang diincar oleh warga Jawa Timur, yakni:
- Kategori Home & Living menunjukkan tren positif. Hal ini selaras dengan rata-rata pengeluaran warga Jawa Timur untuk perumahan dan fasilitas rumah tangga yang meningkat 15,88% YoY (2023 vs 2022)[1]. Adapun, salah satu produk Sultan yang dibeli adalah spring bed dengan harga mulai dari Rp15 juta yang didesain untuk menjaga kesehatan tulang belakang.
- Kategori Otomotif juga dilirik seiring warga Jawa Timur mencari kenyamanan lebih saat servis kendaraan. Tersedianya opsi Click & Collect menawarkan kemudahan pembelian online dan servis di toko, mendorong salah satu top seller kini memiliki 17 lokasi Click & Collect di Jawa Timur. Oli mesin dan aksesoris mobil menjadi produk best-selling di kategori ini.
Didi Tjandra, Head of Branch Blibli East Java, mengatakan, “Warga Jawa Timur merasakan kenyamanan dan manfaat dari solusi omnichannel yang kami tawarkan, yang berkontribusi mendorong ekosistem Blibli Tiket semakin relevan dan menjadi pilihan untuk kebutuhan gaya hidup. Dari mulai membeli kebutuhan harian, produk mewah, hingga mengisi rumah, pelanggan bisa berbelanja secara omnichannel menyesuaikan preferensi mereka.”
Lanjut Didi, beberapa kategori yang bertumbuh positif dan menjanjikan, termasuk otomotif dan home & living, menunjukkan motivasi pelanggan untuk kenyamanan dan pengalaman lebih. “Pertumbuhan kategori home & living terjadi di tengah melonjaknya hunian vertikal dan residensial di Jawa Timur yang menyasar segmen millenial. Pengalaman pertama memiliki rumah menginspirasi mereka untuk mencari produk yang berkualitas sekaligus pengalaman belanja yang menyenangkan dan kami memastikan beragam kebutuhan home and living hingga peralatan elektronik terpenuhi di Blibli.”
Saat ini, ekosistem Blibli Tiket diperkuat jaringan toko fisik yang kian memperkuat komitmen omnichannel commerce terpadu. Sebanyak 13 toko fisik hadir di Jawa Timur, yakni 4 toko multi-brand Blibli Store dan Tukar Tambah, 2 toko mono-brand, 5 gerai supermarket premium Ranch Market Group, dan 2 Dekoruma Experience Center, membuktikan konsistensi untuk terus hadir di setiap interaksi pelanggan, baik online maupun offline. Segera hadir, Ranch Market akan re-opening di Galaxy Mall 1 Surabaya menghadirkan konsep baru dengan customer journey yang lebih nyaman dan tersedianya ragam produk lokal juga jajanan pasar legendaris, salah satunya Cakue Peneleh.
Keunggulan omnichannel mendorong ekosistem Blibli Tiket semakin dipercaya mitra bisnis untuk menggelar berbagai agenda eksklusif di segmen gaya hidup, mulai dari Exclusive Launch untuk produk tertentu hingga menjadi Exclusive E-commerce Partner untuk berbagai event bergengsi, termasuk Pokémon Run yang sebelumnya digelar di Surabaya, dan yang akan datang, acara Indonesia Balloon Art Festival digelar tanggal 2-11 Agustus di Ciputra World Surabaya.
Solusi kebutuhan berwisata #BisaJadiLebih seru di ekosistem Blibli Tiket
Selain untuk kebutuhan gaya hidup, warga Jawa Timur juga kini semakin tertarik memanfaatkan ekosistem Blibli Tiket sebagai solusi jitu dalam memenuhi kebutuhan perjalanan dan gaya hidup mereka.
“Surabaya masuk dalam lima besar destinasi domestik terpopuler, baik untuk penerbangan maupun perjalanan kereta api, selama kuartal pertama tahun 2024 hingga musim liburan sekolah kemarin,” ujar Sandra Darmosumarto, Public Relations Senior Manager tiket.com.
“Hal ini menunjukkan potensi pariwisata yang luar biasa di Jawa Timur, khususnya di kalangan keluarga muda. Kami senantiasa mengajak Sobat Tiket untuk memanfaatkan berbagai keuntungan dari ekosistem Blibli Tiket, termasuk poin loyalitas Blibli Tiket Rewards yang dapat digunakan di seluruh platform, serta kemudahan pembayaran yang fleksibel menggunakan Blibli Tiket PayLater.” BJ1