Surabaya, BisnisJatim.Id – Kerjasama strategis kembali dilakukan BRI Regional Office (RO) Surabaya dan Pakuwon City Mall (PCM). Selama tahun 2025 ada beberapa event menarik yang digelar bersama baik indoor maupun outdoor. Selain mendorong transaksi digital, juga untuk mengajak pelaku UMKM naik kelas.
Setiyarta, CEO BRI RO Surabaya, mengatakan, kerjasama dengan PCM sudah dilakukan sejak lama. Dan selama ini hasilnya cukup memuaskan baik bagi BRI, PCM maupun pelaku UMKM. Sehingga tahun ini pihaknya sepakat untuk melanjutkan kerjasama lagi.
“Prinsip kerjasama itu kan saling menguntungkan. Tidak hanya bagi BRI dan mall saja. Namun juga bagi UMKM sehingga mereka bisa naik level,” kata Setiyarta usai penandatangan MoU Kerjasama dengan Pakuwon City Mall, di Atrium PCM, Kamis (9/1).
Dikatakan, kerjasama dengan PCM dimaksudkan menciptakan pertumbuhan ekonomi di Kawasan Timur Surabaya. Sehingga pertumbuhan ekonomi bisa menyebar. Tidak hanya berfokus di Surabaya Pusat dan Barat saja.
Sebab itu, dalam kerjasama dengan PCM akan melibatkan banyak UMKM dari berbagai jenis usaha. Mereka akan selalu dilibatkan dalam berbagai event yang akan dingelar di PCM selama tahun 2025. Hal ini agar para UMKM semakin cepat naik level.
“Kalau mau cepat naik kelas memang harus bermitra. Dan event merupakan salah satu cara untuk mengakselerasi UMKM naik kelas. Terbukti tahun lalu, dari event outdoor saja, ada transaksi sebesar Rp 50 miliar. Semua menggunakan EDC BRI dan QRIS BRImo,” ujarnya.
Selain itu, kerjasama dengan PCM juga dimaksudkan untuk meningkatkan transaksi digital atau cashless dan sekaligus mengakuisisi merchant dan nasabah baru. Transaksi digital akan memberikan banyak keuntungan bagi pelaku UMKM. Mereka tidak repot mencatat hasil transaksi setiap hari.
Sebab semua hasil transaksi baik melalui kartu kredit BRI, debit maupun QRIS BRImo akan otomatis tercatat dengan baik. Sehingga pelaku UMKM bisa melakukan evaluasi dengan mudah. Dan bisa melakukan perencanaan strategi bisnis lebih cepat kedepannya.
“Bahkan kalau mau mendapatkan kredit dari bank akan lebih cepat. Sebab bank juga mudah melakukan Analisa perkembangan bisnisnya sebelum mengucurkan kredit ke UMKM,” kata Setiyarta.
Sementara itu, Sutandi Purnomosidi, Direktur Marketing Pakuwon Group menjelaskan, kerjasama dengan BRI RO Surabaya dilanjutkan lagi di tahun ini karena hasilnya selama cukup bagus. Selain untuk menciptakan destinasi keramaian baru di Surabaya Timur, juga untuk memperkuat bisnis UMKM.
Tahun 2025, ada tujuh event yang akan digelar PCM bersama BRI RO Surabaya. Salah satunya event Disney yang tahun lalu sukses menyedot pengunjung sebanyak 1 juta orang dalam sebulan dan mendapatkan award dari Disney Amerika. Selain itu, ada beragam event lain baik outdoor maupun indoor.
“Saat ini ada program belanja disemua tenant PCM senilai Rp 300 ribu akan langsung mendapatkan voucher makan gratis di 30 tenant kuliner. Syaratnya harus pakai EDC BRI atau QRIS BRImo. Makanya semua tenant harus menyiapkan EDC BRI,” kata Sutandi.
Sutandi mengaku, berbagai event yang digelar bersama BRI cukup sukses. Terbukti, jumlah pengunjung di PCM semakin meningkat. Kalau weekday biasanya ada 2.500 unit mobil per hari, saat ada event menjadi 4.500 -5.000 unit. Sedangkan saat weekend, 6.000-7000 unit mobil. Bahkan sempat pecah rekor 8.000 unit sehari.
“Karena itu kerjasama dengan BRI akan terus kami lakukan. Tidak hanya di PCM tapi juga di beberapa tempat lainnya. Kerjasama ini juga untuk meningkatkan transaksi cashless. Di PCM, untuk event outdoor, 100 persen sudah cashless. Sementara Di Royal Plaza sebanyak 2.500 tenant, sekarang 95 persen transaksi sudah cashless,” tutup Sutandi. BJ1