JAKARTA – BJ . GoFood, layanan pesan-antar makanan online terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara, hari ini membagikan tren kuliner pilihan konsumen di sela-sela Jakarta Culinary Feastival (JCF) 2019 yang diselenggarakan di Senayan City Jakarta, 3-6 Oktober 2019.
Kepercayaan mitra merchant dan pelanggan menjadikan GoFood pemimpin di industri, dimana hal ini diperkuat dengan pertumbuhan merchant di platform GoFood yang terus meningkat dalam satu tahun terakhir, yaitu mencapai 2,43 kali lipat. Selain itu, beberapa jenis kuliner kian mengalami transaksi yang meningkat hingga lebih dari 100%. Hal ini menjadikan GoFood sebagai barometer tren kuliner baru di Indonesia.
VP Corporate Affairs Food Ecosystem Gojek, Rosel Lavina menjelaskan, “Teknologi GoFood sukses mempertemukan konsumen dengan ribuan restoran dan pengusaha kuliner UMKM. GoFood kini sudah berkembang lebih dari sekadar layanan pesan-antar makanan, tapi juga menjadi katalog kuliner terlengkap bagi konsumen dengan 400.000 merchant. Konsumen GoFood kian loyal, terbukti dengan pertumbuhan pengunjung aplikasi GoFood yang meningkat hingga 2,63 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.”
Sebelumnya, kepercayaan pelanggan terhadap aplikasi GoFood juga diungkapkan oleh hasil riset Nielsen Singapura berjudul “Understanding Indonesia’s Online Food Delivery Market” yang mengungkapkan 84% konsumen yang menggunakan lebih dari satu aplikasi pesan-antar makanan menganggap GoFood menawarkan layanan terbaik dibandingkan rata-rata industri (39%). Alasannya beragam, mulai dari pilihan menu beragam (87%); pilihan merchant beragam (83%); aplikasi mudah digunakan (83%); menilai mitra driver Gojek ramah, sopan, dan informatif (82%); hingga layanan pesan-antar makanan tercepat (79%).
Pertumbuhan transaksi GoFood sendiri salah satunya dipengaruhi oleh program promosi yang terus ditawarkan kepada pelanggan. “Kami senang mitra merchant menyambut baik inisiatif yang kami hadir untuk mendatangkan gelombang pengguna baru bagi GoFood, termasuk salah satunya memberikan kesempatan bagi merchant untuk mengikuti program promo. Dengan mengikuti program promo, merchant GoFood dapat meningkatkan penjualan hingga lebih dari 60%,” kata Rosel.
Lebih lanjut mengenai tren makanan yang paling banyak dipesan lewat aplikasi GoFood hingga Agustus 2019, makanan dengan bahan dasar ayam dan varian burger dengan bumbu lokal masih menjadi favorit konsumen. Diikuti oleh pilihan minuman favorit masyarakat, seperti minuman brown sugar, minuman gandum, regal drinks, danboba. Pertumbuhan ini paling banyak dikontribusikan oleh konsumen di 5 wilayah dengan jumlah transaksi tertinggi, diantaranya Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, dan Makassar.
Di sela-sela sesi pemaparan tren makanan dan minuman di aplikasi GoFood 2019, hadir pula Pemilik Tahu Yes, salah satu merchant GoFood Festival, Yesaya Surya yang menceritakan kisah suksesnya selama bergabung dengan GoFood. “Kami tidak pernah membayangkan sebelumnya bisa tumbuh seperti sekarang bersama GoFood, bahkan 40% dari transaksi kami sumbernya dari layanan pesan-antar makanan. Dengan teknologi mutakhir GoBiz, saya juga bisa mengatur cashflow, mengatur operasional resto, hingga mengatur promo secara mandiri. Bergabung dengan GoFood tidak hanya meningkatkan kuantitas transaksi, tapi juga meningkatkan kualitas produk yang kita tawarkan untuk kepuasan konsumen.”
Untuk memberikan akses pasar yang berkelanjutan bagi mitra merchant, GoFood kembali mengajak mereka untuk membuka gerai di JCF2019 berkolaborasi dengan ISMAYA LIVE untuk mempersembahkan GoFood Paradiso, sebuah zona dimana para foodies akan berpetualang menjelajahi surga kuliner ala GoFood untuk memenuhi hasrat kuliner idaman, memanjakan lidah pengunjung di area kuliner GoFood Festival, dan tentunya berkesempatan langsung memperoleh ragam promo dan voucher menarik.
“Ke depannya, GoFood ingin terus menemani pertumbuhan mitra untuk bisa meningkatkan kualitas produk dan menjangkau pasar yang lebih luas. Ini juga merupakan upaya kami mendorong kontribusi nyata mitra UMKM kuliner pada perekonomian Indonesia. Saat ini, 96% merchant GoFood merupakan UMKM dan kami berharap dapat terus berkontribusi pada kesejahteraan mitra dan perekonomian nasional, serta terus menjadi layanan pesan-antar makanan no.1 pilihan masyarakat Indonesia ” tutup Rosel