Surabaya, BisnisJatim.Id – PT PP Properti Tbk (PPRO), salah satu pengembang terkemuka di Indonesia, melalui proyek Grand Dharmahusada Lagoon, menggandeng Comunale untuk menghadirkan East Market, sebuah area komersial premium di kawasan strategis Surabaya Timur.
Sinergi ini ditandai dengan acara groundbreaking yang dilaksanakan secara simbolis melalui prosesi penekanan tombol bersama dan dilanjutkan dengan pemberian plakat pada Rabu (20/11).
Acara ini dihadiri dan diresmikan secara langsung oleh Johan Wijaya selaku Komisaris Comunale, Irsan Pribadi selaku CEO Comunale, Adi Suryolaksono selaku VP of Business Strategy & Portfolio Management PPRO, Wahyu Setya selaku General Manager Grand Dharmahusada Lagoon PPRO.
Adi Suryolaksono, VP of Business Strategy & Portfolio Management PPRO, menjelaskan, East Market dirancang sebagai pusat kuliner modern yang berdiri di atas lahan seluas 5.000 meter persegi. Area ini akan menjadi destinasi baru bagi penghuni Grand Dharmahusada Lagoon maupun masyarakat sekitar, khususnya di Surabaya Timur.
Sejumlah tenant ternama telah bergabung untuk menghadirkan pengalaman kuliner yang beragam, seperti Guri Ramen, Padang Merdeka yang membuka gerai pertamanya di Surabaya, Ada Apa Dengan Kopi (AADK), Warung Gandoel, dan Alfamidi untuk memenuhi kebutuhan penghuni. Sebelumnya, Comunale juga telah sukses mengoperasikan konsep serupa di Surabaya Barat melalui West Market.
“Ada 7 tenant yang akan masuk di East Market. Yang 5 sudah oke. Sedangkan yangb 2 tenant masih penjajakan. Kami harus seleksi supaya pas dengan ekosistem penghuni yang sudah ada,” kata Adi Suryolaksono disela groundbreaking Pembangunan East Market, Rabu (20/11).
Dikatakan, pengembangan East Market merupakan bagian dari komitmen PPRO untuk menghadirkan konsep one-stop living, di mana penghuni dapat menikmati hunian nyaman sekaligus akses langsung ke fasilitas yang menunjang gaya hidup mereka. Dengan kehadiran East Market di Grand Dharmahusada Lagoon, diharapkan dapat menjadi ikon kuliner dan ruang sosial di kawasan Surabaya.
“Melalui East Market, kami optimis dapat memberikan nilai tambah tidak hanya bagi Grand Dharmahusada Lagoon, melainkan juga bagi masyarakat Surabaya dan sekitarnya. Kawasan ini diharapkan menjadi daya tarik tesediri yang mendukung ekosistem bisnis dan sosial di sekitarnya,” tambahnya.
Berlokasi strategis di kawasan premium Surabaya Timur, tepatnya di Jalan Raya Mulyosari, Grand Dharmahusada Lagoon menawarkan pengalaman tinggal di urban residence yang mengedepankan keseimbangan antara nuansa alam dan modernitas.
Berdiri di atas lahan seluas 4,2 hektar, hunian ini dilengkapi dengan fasilitas eksklusif seperti infinity pool, gym, dan sky garden, yang dirancang untuk mendukung kesehatan mental dan fisik penghuni. Lokasinya yang dekat dengan kampus ternama seperti Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Universitas Airlangga (UNAIR) menjadikannya pilihan ideal bagi mahasiswa maupun profesional muda.
Sementara itu, segmen keluarga dapat memanfaatkan fasilitas pendidikan berkualitas seperti Montessori School & Sensory Park yang mendukung perkembangan anak, dan Music Center by Yon Pilliang School untuk mengasah kreativitas anak di bidang seni musik.
Berbagai fasilitas pendukung lainnya seperti kafe, minimarket, dan kantin turut melengkapi kenyamanan hidup di Grand Dharmahusada Lagoon, menjadikannya lingkungan tempat tinggal yang modern, praktis, dan penuh inspirasi.
Pada kesempatan yang sama, proyek Grand Dharmahusada Lagoon milik PPRO turut meresmikan show unit terbaru yang dirancang khusus dengan sentuhan desain interior dari Idemu by Vivere.
Unit dengan tipe tiga kamar tidur ini menghadirkan konsep elegan, modern, dan fungsional, yang mencerminkan gaya hidup masyarakat urban. Show unit ini diharapkan dapat memberikan gambaran nyata kepada calon penghuni tentang kualitas hunian di Grand Dharmahusada Lagoon.
“Kami yakin dengan adanya tambahan fasilitas dan rebranding dari Premium Apartment menjadi Premium Student Residence, penjualan tahun depan akan semakin bagus. Saat ini penjualan sudah mencapai 65 persen dari total 900-an unit. Tahun depan kami targetkan mencapai 90 persen. Kami optimis akan tercapai,” tutup Adi. BJ1