Digelar 3 Hari, Pameran Bisnis Waralaba Buka Peluang Ratusan Usaha Menjanjikan

Surabaya, BisnisJatim.Id –  Sukses tidak datang begitu saja. Tak terkecuali sukses dalam berwirausaha. Untunglah, cara untuk menjadi sukses melalui wirausaha tidak hanya satu. Salah satu pintu menuju sukses berwirausaha adalah melalui kemitraan franchise dan peluang usaha. Dengan memiliki waralaba, seseorang tidak saja menjalankan suatu bisnis yang telah relative rendah resiko, tetapi yang juga mempunyai sistem bisnis dan manajemen operasional yang telah teruji, ditambah dengan merek yang sudah dikenal masyarakat.

Pekan ini, Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) dan Neo Expo Promosindo hendak kembali mempertemukan masyarakat dengan berbagai franchise dan peluang usaha melalui kegiatan Pameran Info Franchise and Business Concept (IFBC) di Surabaya dengan tema “Empowering Growth”. Acara ini juga didukung Bank Saqu sebagai official bank partner dan disponsori oleh Pertamina Patra Niaga.

Pameran waralaba dan peluang usaha terbesar dan terlengkap di Surabaya ini berlangsung dari tanggal 6-8 September 2024 di The Square Ballroom, Gedung ICBC Center. Pameran IFBC Surabaya 2024 menghadirkan 102 merek peluang usaha yang terdiri dari waralaba, peluang bisnis, kemitraan, keagenan, investasi, hingga distributor.

Pameran IFBC Surabaya 2024 direncanakan akan dibuka oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Bapak Dr. (H.C). Zulkifli Hasan, S.E., M.M., kemudian Walikota Surabaya Bapak Eri Cahyadi, S.T., M.T., dan Ketua Kehormatan Asosiasi Franchise Indonesia Bapak Drs. Anang Sukandar, CFE.

Pameran IFBC berkomitmen untuk menyediakan ekosistem lengkap bagi pengunjung yang sedang mencari peluang bisnis, kemitraan dan bisnis. Roadshow Nasional IFBC didukung oleh Kementerian Perdagangan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Dinas Koperasi Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan Pemerintah Kota Surabaya serta bermitra strategis dengan berbagai komunitas bisnis antara lain JCI East Java, Rumah BUMN Sidoarjo, IWAPI Jawa Timur, TDA Surabaya, KADIN Surabaya, Forbis Gontor, dan Sahabat UMKM.

Mendorong Minat Masyarakat untuk Berwirausaha

Pameran IFBC 2024 Surabaya mendukung pertumbuhan wirausaha dengan menyediakan spektrum lengkap bisnis waralaba, peluang usaha, dan kemitraan dari berbagai bidang usaha, mulai dari investasi di bawah 10 juta rupiah hingga milyaran rupiah. Selain menjadi ajang networking, pameran IFBC memberikan beragam referensi bisnis bagi masyarakat yang memiliki keinginan untuk berwirausaha.

Pelaku usaha dan waralaba yang berpartisipasi dalam pameran, antara lain Indomaret, Alfamart, OMI, Indogrosir, Alfamidi, Alfamidi Super, Depo Air Minum Biru, Erafone, Gramedia, Nano Water-Q, Watermart, dan Optik Cahaya Truevue.

Segmen bisnis kuliner, ada beragam peluang kemitraan yang menarik, baik dari tipe street food hingga restaurant. Mulai dari Nasi Goreng Lidah Mertua, Grand Panglima Resto, Ayam Gepuk Pak Gembus, Bebek Sambal Nusantara, Minang Sepakat, Sambal Bakar Foodbank, Kharisma Bahari, Subsidi Bahari, Warteg Putri Bahari, Tahu Go, Me Gacorin, Cilokba, dan You Need Mee. Selain itu, terdapat beragam peluang usaha kuliner asing yang bisa dijadikan pilihan. Ada Burger Bangor, Oppa Kimbab, Pide Turkish Pizza, Istanbul Kebab, Meat & Steak, Tentang Pasta, Tokio Street, Tokio Go, Mr Kriuk, dan J-Chicken.

Pada segmen bisnis minuman, berbagai jenama menawarkan kemitraan, seperti Tomoro Coffee, Kopi Sewindu, Tentang Kopi, Kopi Dari Hati, Tempat Bercakap, Kopi Sejuta Jiwa, Makashiya, Smartfolks Coffee, Chocochiz, Pertehmax, Es Teh Nona, Cinta Sejatea, Gelato Dilenno, dan Holly Tea.

Bagi calon mitra yang tertarik dengan bisnis laundry serta otomotif, jangan lewatkan penawaran menarik dari Washteria, Foggia, Netto Laundromat, LG Commercial, Scudetto, serta Washmart. Maxim juga menawarkan kemitraan dalam bidang layanan transportasi online. Pameran IFBC juga bekerja sama dengan Lalamove sebagai official logistic partner

Di segmen usaha jasa kecantikan dan barbershop berbagai brand yang menawarkan kemitraan antara lain: Kezia Facial Spot, Sasha Nailash, Royal Garden Spa, Roemah Rempah, Mash Moshem Indonesia, Madeena Skin Clinic, The Ajudan, dan Barberpedia. Di segmen edukasi, ada Bimbel Calistung Anemone yang juga menawarkan bisnis kemitraan di bidang pendidikan.

Selain peluang usaha, ada berbagai peserta yang menawarkan beragam fasilitas pendukung bisnis: iSeller, DiAntara Intermedia, Biznet Networks, Indotrading, dan Indonetwork. Pendukung bisnis Verona juga hadir dengan menyediakan perlengkapan elektronik terbaru yang bisa memudahkan distribusi berwirausaha. Bagi pengunjung yang lebih berminat pada investasi saham ataupun property: Kiwoom Sekuritas Indonesia dan Tanrise property menawarkan investasi menarik.

Pada sektor finansial, pengunjung dapat mengunjungi booth Bank Saqu yang menyediakan layanan perbankan digital. Pertamina Patra Niaga juga memberikan alternatif bisnis di bidang collaborating business sebagai Pertamina tenants.

Selama Pameran IFBC Surabaya 2024, para pengunjung juga bisa melakukan konsultasi bisnis secara gratis dengan berbagai praktisi dan konsultan berpengalaman antara lain dari DK Consulting, Sarosa Consulting dan Benwarg Consulting.

Acara dan Talkshow Menarik Selama Pameran

Untuk mendukung pertumbuhan kewirausahaan lokal, selama pameran akan diselenggarakan berbagai seminar terbuka, talkshow  di panggung utama yang dapat diikuti secara gratis oleh pengunjung.

Setiap hari akan diselenggarakan inspira talks bersama Pertamina Patra Niaga dengan tajuk “Start Your Business: Cari Peluang Bisnismu & Lokasi Strategis Sekarang!” Bagi pengunjung yang ingin membeli bisnis waralaba, wajib mengikuti seminar “Menentukan Bisnis Waralaba yang Tepat!” dimana DK Consulting akan menjelaskan kiat-kiat memilih bisnis waralaba. Tidak kalah menariknya, talkshow “Raih Kesuksesan Bisnis Transportasi Online” oleh Maxim Indonesia akan memperkenalkan peluang usaha di bidang transportasi online.

TDA Surabaya di pameran kali ini akan menyelenggarakan talkshow “Digitalisasi & Kolaborasi: Strategi Menangkap Peluang Bisnis di Era Digital”. Bagi calon pelaku usaha yang beminat untuk berwirausaha setelah purnabakti, wajib mengikuti talkshow “Waralaba Sebagai Mesin Uang Masa Pensiun” bersama FT Consulting. Waralaba Ayam Gepuk Pak Gembus pun turut memberikan wawasan tentang “Bagaimana Memilih Franchise yang Sehat?”

Tertarik untuk mengembangkan usaha dengan meta ads? JCI East Java akan memberikan tip khusus bagi para pengunjung Pameran IFBC Surabaya 2024. Talkshow Pertamina Patra Niaga yang bertajuk “Digitalisasi Bisnis: Maksimalkan Pertumbuhan Bisnis dan UMKM Melalui Platform Digital” juga tidak boleh dilewatkan. Tidak ketinggalan, Indotrading akan membagikan beragam tip untuk menaikkan omzet dengan talkshow “Taktik Cerdas Dalam Meningkatkan Omzet Melalui Strategi Digital Marketing”.

Hanya 3 hari, kunjungi pameran waralaba, peluang usaha dan kemitraan terbesar di Surabaya! Pameran IFBC Surabaya 2024 dibuka pukul 10.00 hingga 20.00 WIB di The Square Ballroom, ICBC Center lantai 3, Jl. Basuki Rahmat No. 16-18, Surabaya. Datang dan wujudkan impian Anda untuk menjadi pengusaha! BJ1