Bogasari Berkomitmen Dorong Pertumbuhan UKM dengan Program Akselerasi dan KIAT di 2024

Bisnisjatim.id, Surabaya – Sebagai produsen tepung terigu terbesar di Indonesia dan mitra bagi mayoritas pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM), PT Indofood Sukses Makmur Tbk Divisi Bogasari terus berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan UKM. Pada tahun 2024, Bogasari menghadirkan dua program unggulan, yaitu program Akselerasi dan KIAT (Kunci Informasi dan Teknologi), yang khusus ditujukan bagi UKM berbasis tepung terigu.

Kedua program ini memiliki pendekatan edukasi yang berbeda, namun sama-sama bertujuan untuk mempercepat peningkatan usaha UKM. Akselerasi UKM Bogasari 2024 telah dimulai pada 10 Januari 2024 di Madiun bersama Paguyuban UKM Retno Dumilah. Terbaru, program ini diselenggarakan di Surabaya pada 22 Oktober 2024. Hingga kini, Bogasari telah mengadakan 40 pelatihan di 24 kota, menjangkau lebih dari 700 UKM.

“Peserta di setiap kota dibatasi maksimal 20 UKM agar pelatihan lebih efektif, dengan format full hands-on,” ujar Yulius Ronadi, Vice President Marketing Bogasari wilayah Indonesia Timur, dalam siaran pers Akselerasi UKM Bogasari 2024 di Surabaya. Pada pelatihan di Surabaya, para peserta diajarkan membuat croissant, cookies, dan rollcake oleh baker dari Bogasari Baking Center (BBC) Surabaya.

Program Akselerasi UKM Bogasari 2024 telah menjangkau berbagai kota di pulau Jawa, Sumatera, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan, seperti Mataram, Tulungagung, Malang, Banjarbaru, Kudus, Solo, dan lainnya. Pelatihan ini diselenggarakan baik secara langsung dengan UKM, maupun melalui paguyuban atau komunitas UKM seperti Paguyuban Sekkar Melati Kudus, Paguyuban Manunggal Roso Banyuwangi, dan Kampung Nastar Tangerang.

“Jika tidak ada perubahan, pelatihan Akselerasi selanjutnya akan diadakan pada 26 dan 30 Oktober di Mataram dan Kediri,” lanjut Yulius.

Program Akselerasi lebih fokus pada pelatihan resep makanan berbasis tepung terigu sesuai permintaan UKM, dipandu langsung oleh baker senior dari BBC Jakarta dan Surabaya. Sebagian kecil program ini juga menyentuh keterampilan lunak seperti pemasaran digital.

Sementara itu, KIAT Bogasari 2024 telah dilaksanakan di tiga kota, yaitu Semarang, Purwokerto, dan Jember. Berbeda dengan Akselerasi, KIAT menghadirkan lebih banyak peserta, antara 100 hingga 150 UKM, dan juga bisa diikuti secara daring melalui Zoom. Hingga kini, KIAT telah melibatkan 500 UKM dari berbagai wilayah.

Meski konsepnya berbeda, baik Akselerasi maupun KIAT memiliki tujuan yang sama, yaitu membantu UKM mengatasi berbagai tantangan dalam bisnis mereka. Kegiatan KIAT biasanya mencakup demo resep makanan berbasis tepung terigu serta seminar atau workshop. Semua kegiatan ini disediakan secara gratis bagi UKM. (skr)