HeadlineIndustriPerdagangan

Bantu UMKM dan Lestarikan Lingkungan, See-U Percantik Tempat Wisata Rakyat Balong Pesapen, Surabaya

326
×

Bantu UMKM dan Lestarikan Lingkungan, See-U Percantik Tempat Wisata Rakyat Balong Pesapen, Surabaya

Sebarkan artikel ini

Surabaya, BisnisJatim.Id – Dalam rangka mendukung komitmen jangka panjang terhadap keberlanjutan dan kepedulian sosial, PT Suparma Tbk menyelenggarakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) bertema “Empowering Sustainable Community”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 1 Juni 2025, di Wisata Rakyat Balong Pesapen – Sumur Welut, Surabaya.

Wahyu Kristyawan, General Manager PT Suparma Tbk menjelaskan, kegiatan menarik ini dilakukan secara berkala. Dan sekarang sudah masuk kegiatan CSR yang ke lima kalinya dengan tema yan berbeda. Hal ini karena pihaknya berkomitmen terhadap keberlanjutan lingkungan, ekonomi dan sosial yang lebih baik.

‘Area Wisata Rakyat Balong Pesapen kami pilih karena lokasinya dekat dengan Perusahaan dan disini ada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ekonominya menggantungkan dari tempat wisata ini,” ujar Wahyu disela acara, Minggu (1/6).

Lapak UMKM: Direksi dan pimpinan PT Suparma Tbk secara simbolis menyerahkan bantuan perbaikan lapak untuk para UMKM yang berdagang di Kawasan Wisata Rakyat Balong Pesapen, Sumur Welut Surabaya. Diharapkan bantuan lapak ini bisa meningkatkan transaksi UMKM disini. Foto Dok

Dikatakan, Wisata Rakyat Balong Pesapen merupakan kawasan wisata dengan luas sekitar ± 19.200 m² yang dikelola secara mandiri oleh masyarakat melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Berada di tengah kawasan padat penduduk, lokasi ini menjadi pusat aktivitas sosial dan ekonomi warga. Tercatat lebih dari 40 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bergantung pada keberlangsungan lokasi wisata ini dalam menjalankan usahanya.

“Karena itu, dalam kegiatan kali ini, kami bangunkan 20 lapak untuk para UMKM agar lebih rapi dan tertata. Nanti kami tambah lagi 20 unit sehingga total ada 20 lapak. Dan tentunya harapannya bisa semakin menarik banyak wisatawan kesini sehingga  terjadi sirkular ekonomi terutama untuk para UMKM disini,” imbuhnya.

Selain itu, PT Suparma Tbk membangun LED Letter Box sebagai identitas visual lokasi wisata, serta penyediaan area foto spot “rainbow tunnel”. Upaya ini bertujuan menjadikan Wisata Rakyat Balong Pesapen lebih tertata dan menarik sebagai destinasi wisata keluarga yang ramah dan inklusif.

Tanam Pohon: Para pimpinan PT Suparma Tbk secara simbolis menanam pohon pule dan trembesi di kawasan wisata rakyat Balong Pesapen, Sumur Welut, Surabaya agar lingkungan terasa lebih indah, bersih dan segar. Foto Dok

Selain penguatan sektor ekonomi lokal, PT Suparma Tbk juga komitmen terhadap pelestarian lingkungan agar lingkungan terasa lebih bersih, asri dan sehat. Pihaknya menanam 40 pohon pule (Alstonia Scholaris) dan 100 bibit pohon trembesi (Samanea Saman).

Juga menyediakan sejumlah fasilitas tempat sampah khusus botol plastik serta tempat sampah terpilah yang dilengkapi dengan edukasi tentang pentingnya memilah sampah secara benar.

“Inisiatif ini diharapkan mampu membentuk kesadaran sejak dini tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan,” kata Wahyu.

Kegiatan CSR ini juga dimeriahkan dengan berbagai aktivitas yang melibatkan masyarakat luas. Di antaranya, jalan sehat yang diikuti sekitar 2.000 peserta, lomba kostum daur ulang yang menampilkan kreativitas masyarakat dalam mengolah barang bekas menjadi karya seni bernilai, sejalan dengan prinsip ekonomi sirkular serta lomba mewarnai bertema lingkungan hidup untuk anak-anak dikuti lebih dari 200 anak pada tgl. 31 Mei 2025.

Lee Hong Choon, selaku Direktur PT Suparma Tbk, menambahkan, sebagai perusahaan kertas berkelanjutan asal Indonesia (Indonesia’s Sustainable Paper Company), pihaknya berkomitmen untuk terus berinovasi dan memberikan kontribusi nyata terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Melalui program ini, PT Suparma Tbk bersama brand See-U ingin mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan, serta mendorong aksi nyata dalam menjaga kelestarian bumi.

“Dengan semangat kolaborasi antara perusahaan dan masyarakat, PT Suparma Tbk berharap kegiatan ini dapat menjadi inspirasi bagi berbagai pihak dalam menciptakan sinergi program yang menyeimbangkan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan secara berkelanjutan,” kata Lee Hong Choon. BJ1