Dukung Hari Batik Nasional 2024, Juragan 99 Garment Hadirkan Batik Sesuai Keinginan Pelanggan

Bisnisjatim.id, Malang – Setiap tahunnya, 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Pada tahun 2024 ini, tema “Bangga Berbatik” telah ditentukan dengan tujuan mendukung para pengrajin dan pengusaha produk batik, serta memotivasi masyarakat Indonesia untuk menggunakan dan mempopulerkan batik dalam setiap aktivitas mereka. Semangat ini juga diusung oleh J99 Corp., sebuah perusahaan induk yang membawahi berbagai unit bisnis lintas sektor, melalui salah satu sektor manufakturnya, yakni Juragan 99 Garment.

Juragan 99 Garment, selain berfokus pada produksi garmen, juga menyediakan layanan pembuatan batik printing dari hulu ke hilir. Mulai dari proses desain motif, hingga menjadi kain atau pakaian siap pakai. Dengan mesin cetak berkualitas tinggi yang didukung oleh tim ahli di bidang garmen, Juragan 99 Garment mampu menghasilkan motif batik yang lebih detail, berkualitas tinggi, namun tetap terjangkau sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan.

CEO J99 Corp., Ganesya Widya, menjelaskan, “Sebagai warisan budaya Indonesia yang sudah diakui dunia, batik wajib kita lestarikan bersama. Kami melakukannya dengan menyediakan layanan produksi kain maupun pakaian batik printing di Juragan 99 Garment. Kami memiliki dua mesin dengan kapasitas besar yang mampu memproduksi hingga 400 pakaian batik per hari. Selain itu, tim desainer kami dapat merancang motif batik sesuai dengan selera pelanggan. Hal ini merupakan solusi kami untuk memenuhi kebutuhan motif batik modern yang sesuai dengan keinginan pelanggan.”

Juragan 99 Garment mampu menghasilkan beragam motif batik, baik motif tradisional maupun modern, atau sesuai dengan permintaan pelanggan. Selain itu, pelanggan juga dapat bebas memilih warna batik sesuai selera tanpa batasan. Setiap proses pembuatan batik di Juragan 99 Garment dilakukan secara serius, melalui beberapa tahapan, yaitu:

  1. Pembuatan desain atau pola motif batik
  2. Pemilihan bahan kain
  3. Pengepasan desain pada pola
  4. Pencetakan motif batik pada pola
  5. Pencetakan motif batik dari pola ke kain
  6. Proses jahit dan pembuatan sampel produk sesuai kebutuhan pelanggan
  7. Proses finalisasi dan pengemasan.

 

 

General Manager Juragan 99 Garment, Hariadi Waskita, yang memantau jalannya produksi di Malang, Jawa Timur, menambahkan, “Kualitas adalah kunci utama kami. Seluruh proses produksi batik di Juragan 99 Garment melalui quality control yang ketat, karena setiap produk batik yang kami hasilkan adalah custom, sesuai keinginan pelanggan.” Hariadi juga menjelaskan bahwa kain shantung, yang merupakan jenis tenun sutra dengan serat tak beraturan, sering kali menghasilkan batik dengan tampilan lebih mewah dan disukai banyak pelanggan.

Sejak diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya tak benda, popularitas batik semakin meningkat. Batik kini digunakan dalam berbagai acara, baik resmi maupun kasual, dan tidak terbatas pada pakaian, tetapi juga diaplikasikan pada aksesori dan barang-barang lainnya. J99 Corp. melihat peluang ini dengan menyediakan layanan batik printing melalui Juragan 99 Garment, di mana masyarakat bisa berkonsultasi mengenai kebutuhan batik mereka.

“Batik yang dulunya hanya digunakan oleh kalangan bangsawan, kini sudah mengalami pergeseran. Batik kini bisa dipakai oleh siapa saja dalam berbagai kesempatan. Kami berkomitmen untuk mendukung kemajuan industri batik tanah air. Masyarakat dapat memperoleh batik berkualitas tinggi dengan lebih mudah, dan motifnya dapat disesuaikan dengan selera pelanggan,” tutup Ganesya. (kar)