BCA Selenggarakan Workshop UMKM Indonesia Go Export 2024 di Surabaya

 

Bisnisjatim.id, Surabaya – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dengan menghadirkan Workshop UMKM Indonesia Go Export 2024 perdana di Kota Surabaya. Program ini diadakan menyusul kesuksesan acara serupa yang telah digelar di Kota Malang dan Bandung beberapa pekan lalu. Bekerja sama dengan International Chamber of Commerce (ICC) Indonesia, BCA menyediakan wadah bagi pelaku UMKM dari berbagai daerah untuk menguasai strategi menembus pasar internasional.

Sebanyak 21 UMKM berpartisipasi dalam pelatihan yang digelar di Fairfield by Marriott, Surabaya, pada tanggal 3 hingga 7 September 2024. Acara pembukaan workshop ini dihadiri oleh EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn, Kepala Kantor Wilayah III BCA, Hendrik Sia, serta Direktur Literasi dan Inklusi Keuangan OJK, Horas V. M. Tarihoran.

Workshop UMKM Indonesia Go Export 2024 di Surabaya merupakan bagian dari rangkaian program yang dimulai pada 21 Agustus di Malang. Para peserta akan mengikuti kurikulum khusus yang disesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan dalam melakukan ekspor, seperti halnya program inkubator usaha. Kurikulum tersebut mencakup:

  • Pengenalan terkait transaksi perdagangan internasional,
  • Peningkatan kualitas produk, packaging, dan branding,
  • Pelatihan dalam penyusunan laporan keuangan.

Hera F. Haryn menyatakan, “BCA meyakini percepatan pengembangan UMKM memerlukan kolaborasi berbagai pihak, termasuk dalam mengarahkan pelaku usaha agar berorientasi ekspor. Oleh karena itu, kami menggandeng ICC Indonesia untuk mendampingi pelaku UMKM agar bisa menjajaki peluang ekspor melalui program UMKM Indonesia Go Export. Kami menghadirkan sejumlah fasilitator berkompeten yang mampu memotivasi dan menginspirasi peserta agar bisa memasuki pasar ekspor. Kami menargetkan ada 60 UMKM dari berbagai daerah yang dapat melakukan ekspor setelah mengikuti pelatihan ini.”

UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia, menyumbang 61% dari produk domestik bruto (PDB) atau setara Rp9.580 triliun, serta menyerap sekitar 117 juta pekerja atau 97% dari total tenaga kerja pada tahun 2023. Sektor ini juga memiliki potensi besar dalam pengembangan ekspor nasional dengan kontribusi sekitar 16% dari total ekspor.

Sebagai bagian dari program pengembangan berkelanjutan Bakti BCA, perusahaan berupaya mendampingi UMKM agar bisa menemukan peluang ekspor dan melakukan pengiriman barang ke luar negeri. Selain memberikan pelatihan, peserta program UMKM Indonesia Go Export 2024 akan menerima pendampingan dari BCA dan ICC Indonesia untuk mengakses pasar internasional. Pendampingan ini mencakup berbagai aspek, mulai dari keterlibatan UMKM dalam ajang bergengsi seperti Trade Expo Indonesia hingga bimbingan dalam proses transaksi dengan calon pembeli dari luar negeri.

Bakti BCA telah melaksanakan program UMKM Indonesia Go Export sejak tahun 2023. Pada tahun 2024, cakupan program ini diperluas ke tiga kota baru, yaitu Malang, Bandung, dan Surabaya. Dari pelaksanaan program di Yogyakarta dan Semarang pada tahun 2023, BCA berhasil membimbing dua UMKM peserta untuk melakukan ekspor.

Setelah mendampingi Wastraloka mengekspor produk unggulannya ke salah satu negara di Asia pada tahun 2023, Bakti BCA juga mendampingi Prospero Food Realcho mengirimkan produk cocoa powder sebanyak dua kontainer dengan total 34 metrik ton dan nilai transaksi sebesar US$57.800 (sekitar Rp907 juta) pada bulan Agustus lalu.

Dukungan berkelanjutan BCA kepada pelaku UMKM juga diwujudkan melalui penyelenggaraan workshop sertifikasi halal, yang telah membantu penerbitan 1.000 sertifikat halal sepanjang tahun 2023. BCA juga berupaya mempermudah akses UMKM ke pasar potensial melalui berbagai acara yang mempertemukan UMKM dengan calon pembeli. Terbaru, BCA telah menyelenggarakan BCA UMKM Fest 2024 dengan partisipasi lebih dari 1.200 UMKM yang mempromosikan produk-produk unggulan mereka.

“Kami menyadari bahwa banyak UMKM masih menghadapi tantangan dalam memperluas jangkauan bisnis mereka ke pasar internasional. Kami kembali menyelenggarakan Workshop UMKM Indonesia Go Export tahun ini dengan tujuan mencetak lebih banyak UMKM yang mampu berkembang dan bersaing di pasar ekspor. BCA berharap inisiatif ini dapat meningkatkan aktivitas ekspor UMKM dan memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” tutup Hera. (bj2)