BCA Relokasi KCP Tunjungan Plaza ke Pakuwon Tower

Kepala Kantor Wilayah III BCA Frengky Chandra Kusuma (tengah) saat peresmian Kantor Cabang Pembantu (KCP) Tunjungan Plaza di Pakuwon Tower Surabaya, Senin (22/7/2019).

SURABAYA-Layanan digital yang kini menjadi pilihan utama nasabah perbankan tak menyurutkan Kantor Wilayah III PT Bank Central Asia Tbk (BCA) untuk tetap mempertahankan keberadaan kantor cabang pembantu (KCP). Bahkan, jumlah KCP di Surabaya akan terus ditambah seiring dengan ekspansi bisnis nasabahnya. Rencananya, hingga akhir tahun ini akan ada penambahan dua KCP baru lagi dari sekarang sebanyak 89 KCP. Yakni, satu di tengah kota tepatnya di Jalan Kalimantan dan satunya lagi di wilayah Surabaya barat.

Kepala Kantor Wilayah III BCA Frengky Chandra Kusuma mengatakan saat ini telah terjadi tren digitalisasi yang mengakibatkan BCA melakukan transformasi digital di dalam berbagai produk dan layanan. Tujuannya adalah untuk memudahkan layanan nasabah agar lebih efisien dan cepat. Hampir 97 persen nasabah BCA di Surabaya kini sudah bertransaksi dengan digital, baik internet atau mobile banking.

Namun demikian, kata Frengky, transformasi ke digital itu bukan berarti BCA tidak lagi melakukan ekspansi secara fisik. Keberadaan kantor secara fisik wajib dihadirkan untuk memudahkan para nasabah dan membangun hubungan personal yang baik. Dan hubungan yang baik itu hanya bisa terjalin kalau ada tatap muka secara fisik.

“Relokasi KCP Tunjungan Plaza ini dari sebelumnya di Tunjungan Plaza I ini juga bertujuan untuk memudahkan para nasabah dan kita juga bisa membangun personal yang lebih baik dengan mereka,” katanya saat peresmian KCP Tunjungan Plaza di Pakuwon Tower Surabaya, Senin (22/7/2019).

Frengky menyatakan pengembangan KCP di Surabaya akan terus dilakukan seiring dengan pertumbuhan dan ekspansi bisnis perusahaan, sehingga BCA bisa mendekatkan diri dengan para nasabah. Karena itu pula KCP BCA disebar di beberapa tempat yang merupakan basis nasabahnya termasuk di pusat perbelanjaan. Seperti KCP di Tunjungan Plaza itu bertujuan melayani nasabahnya yang memiliki bisnis di pusat perbelanjaan itu. “Saat ini kita memiliki 6 KCP di pusat perbelanjaan untuk melayani nasabah yang bisnisnya di sini. Kelebihan KCP di mall ini adalah layanan weekend banking, dimana Sabtu dan Minggu layanan nasabah tetap berjalan dan itu sangat memudahkan nasabah kita, termasuk nasabah di luar mall karena tanpa harus masuk mall,” ujarnya.

Sedemikian efektif keberadaan KCP yang dekat dengan nasabah BCA, sambung Frengky, dalam waktu dekat, pihaknya akan menambah dua KCP, yakni satu di tengah kota dan satu lainnya di wilayah Surabaya barat khusus untuk nasabah prioritas. “KCP baru itu akan mengakumuluasi dan melayani para nasabah di sekitarnya. Jadi BCA ini akan bertumbuh dan berkembang secara dinamis. SDM kita siapkan untuk membangun komunikasi yang lebih baik dengan nasabah dan KCP kita siapkan untuk memudahkan nasabah sehingga hubungan kita juga lebih dekat,” tandasnya.

Lebih jauh Frengky mengungkapkan ekspansi KCP juga untuk mendukung ekspansi penyaluran kredit dan peningkatan dana pihak ketiga (DPK). Dia optimis pada semester II 2019 dunia perbankan akan lebih baik seiring dengan kondisi ekonomi makro yang juga akan lebih bagus, sehingga permintaan kredit akan bertambah dan DPK juga akan bertumbuh. “Kita optimis dengan proyeksi pertumbuhan DPK sebesar 8-9 persen dan kredit sebesar 12-13 persen sampai akhir tahun ini,” papar Frangky.(Niken Damayanti)


Kepala Kantor Wilayah III BCA Frengky Chandra Kusuma (tengah) memotong tumpeng yang menandai peresmian Kantor Cabang Pembantu (KCP) Tunjungan Plaza di Pakuwon Tower Surabaya,